Kesalahan SEO Pemula yang Wajib Anda Hindari


Inilah Kesalahan SEO Pemula yang Wajib Anda Hindari. Apakah Anda pernah bertanya-tanya dan merasa bahwa sudah melakukan SEO dengan benar untuk blog Anda? Lantas, kenapa blog masih sepi pengunjung?

Pertanyaan tersebut wajar saja dilontarkan bagi mereka para blogger pemula, berbeda dengan blogger profesional yang sudah paham betul bagaimana trik dan memanfaatkan SEO dengan benar. Alasan mendasar kenapa blog masih sepi pengunjung meskipun sudah menggunakan teknik SEO adalah kemungkinan besar Anda menggunakan teknik SEO yang kurang tepat.

Nah, untuk mengetahui apakah Anda sudah menggunakan teknik SEO yang benar atau salah, maka ada baiknya menyimak ulasan berikut mengenai sederet kesalahan SEO yang umumnya diakukan oleh blogger pemula. 

 alt="kesalahan seo yang wajib diketahui"

Inilah Kesalahan SEO Pemula yang Wajib Anda Hindari

Mempelajari SEO tidak dari Basic


Belajar SEO diibaratkan seperti Anda sekolah, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Berbeda dengan blogger pemula yang ingin hasilnya instan dan mempelajari berbagai teknik yang kurang jelas seperti link wheels, link piramid, link dewa mabuk dan lain sebagainya tanpa mengetahui dasarnya terebih dahulu.

Hal ini tentu akan membuat Anda pusing bukan? oleh karena itu, sebaiknya mulai lah dengan memahami apa itu SEO, apa itu SEO whitehat dan blackhat, bagaimana cara kerja dari Algoritma Google, apa itu backlink, bagaimana cara kerja dari mesin pencari dan lain sebagainya.

Melalaikan Riset Keyword


Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa riset keyword adalah hal yang tidak penting. Jika Anda salah satu dari mereka yang mempunyai persepsi demikian maka tak heran jika blog Anda layaknya kuburan. Memilih keyword atau kata kunci yang sesuai dengan blog adalah hal yang sangat penting dan harus dilakukan. Riset kata kunci atau keyword adalah salah satu bagian dari strategi SEO atau cara memaksimalkan mesin pencarian Google.

Untuk lebih jelasnya, riset keyword merupakan suatu cara untuk mencari kata kunci yang sering diketikkan seseorang dalam mesin pencarian google yang sesuai dengan topik blog Anda. Sebagai contoh, blog Anda membahas mengenai kesehatan, maka kira-kira kata kunci yang diketikkan di mesin pencari seperti “Bagaimana cara mengatasi gigi berlubang, apa penyebab gigi menjadi kekuningan” dan lain sebagainya.

Asal Membuat Konten

Pemilihan kata kunci yang tepat saja tetap masih kurang, Anda juga diwajibkan untuk membuat konten yang berkualitas supaya disukai oleh Google. Selain itu, Anda juga harus menempatkan bahwa diri Anda sebagai pembaca, dalam artian apabila tulisan kita asal-asalan otomatis pembaca malas dan enggan balik lagi ke blog kita. Hasilnya apa jika sudah seperti ini? tentu blog akan sepi dan Anda lah yang akan rugi.

Artikel lainnya Cara mengoptimalkan SEO website supaya Page One

Cara membuat konten yang menarik adalah dengan meletakkan kata kunci pada judul keyword, meletakkan kata kunci atau keyword pada URL, mamasang keyword pada meta description, memasang keyword disetiap 100 kata pertama pada bagian artikel, artikel dengan jumlah kata banyak lebih disukai google, memasang gambar yang relevan, menggunakan bullet poin atau tabel supaya tampilan lebih menarik, memasang internal link dan external link.

Melalaikan Google Webmaster Tools

Bagi Anda blogger pemula tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa tools gratis yang disediakan oleh google yang dapat membantu kebutuhan SEO. Adapun salah satu tools yang perlu Anda gunakan adalah Google Webmaster Tools.

Dengan bantuan dari Google Webmaster maka kita dapat mengetahui performa dari blog di mesin pencari mulai dari keyword yang paling populer, mengecek backlink, berbagai hal yang error di blog kita, jumah index halaman dan lain sebagainya.

Kurang Memaksimalkan Judul dan Meta Description

Siapa sih yang tidak ingin blognya nangkring dihalaman pertama? Tentu, semua blogger ingin bukan? Kendati demikian, jangan sampai Anda menggunakan SEO karena terobsesi dengan page one dan menganggap bahwa SEO langsung bisa mendongkrak popularitas blog dihalaman pertama.

Hal ini dikarenakan terasa sangat percuma untuk berada di posisi paling atas namun judul dan deskripsi blog kurang menarik pengguna google. Oleh karena itu, pastikan Anda membuat judul semenarik mungkin dan jangan lupa tambahkan keyword pada judul.

Mempercayai Kode Meta Tag Ajaib

Banyak blogger yang berkumpul menjadi satu bagian dalam forum blogger, disitu kadang kita menemukan suatu hal yang sangat menggelitik seperti “gan, bagi kode meta tag SEO nya dong” dari kalimat ini saja sudah terihat bahwa banyak orang yang masih mempercayai keajaiban dari kode meta tag.

Memang benar, ada beberapa kode tersebut yang mempunyai peran cukup penting bagi SEO seperti kode meta tad description. Hanya saja, dampak dari kode tersebut tidak berpengaruh besar terhadap SEO Anda. Terlebih lagi, jika Anda hanya asal minta tanpa memahami fungsi dari kode tersebut maka hasilnya akan percuma.

Variasi Anchor Text Dilupakan

Sudah tidak sedikit orang yang mengetahui bahwa dalam mencari backlink memang lebih bagus menggunakan keyword yang langsung tertarget seperti anchor text. Kendati demikian, penggunaan anchor text secara berlebihan justru tidaklah bagus karena akan dianggap spam oleh Google. Jadi, dalam menggunakan backlink sebaiknya hindari 100% dengan anchor text, namun gunakan kata kunci yang bervariasi dan masih berhubungan dengan nama blog Anda sebagai anchor text.


Tidak Menggunakan Internal Link

Selain menggunakan ekternal link, blogger juga dituntut untuk menamamkan internal link supaya mesin pencari dapat dengan mudah mendeteksi setiap postingan Anda. Selain itu, keberadaan internal link juga bisa meningkatkan pageview serta menurunkan bounce rate dari blog Anda.

Terlalu Fokus dengan Keyword Density


Apakah Anda pernah memasan artikel dan menambahkan catatan density 1 % ya mbak? Memang, sebagian besar orang memanggap bahwa keyword yang dimasukkan dalam sebuah artikel dapat mendongkrak kepopuleran dari postingan tersebut. Sayangnya, persepsi demikian tidaklah penting, berapapun density yang digunakan baik 1%, 3% hingga 50% pun tetap tidak begitu berpengaruh. Perlu teman-teman ingat adalah “pastikan artikel yang ditulis natural tidak terkesan dipaksakan karena keberadaan keyword”.

Menggunakan Underline, Bold dan Italic secara Berlebihan

Pernahkah Anda menjumpai dalam setiap paragraf artikel terdapat berbagai variasi tulisan yang di garis miring, cetak tebal atau digaris bawahi. Apa yang ada dibenak Anda saat membaca postingan tersebut? bosan dan mata mudah lelah bukan? sah-sah saja jika Anda menambahkan bold, underline atau italic pada artikel jika memang dibutuhkan dan untuk menegaskan sesuatu, asal jangan berlebihan.

Acuh Terhadap Kecepatan Loading Blog

Bagi Anda yang ingin menjadi blogger sejati memang haruslah jeli, jangan sampai Anda mempunyai mental yang acuh tak acuh. Dalam artian, Anda melihat bahwa kecepatan loading blog lama namun tetap dibiarkan saja, tentu hal ini akan membuat Anda rugi. Perlu diketahui bahwa Google sangat memperhatikan kecepatan loading pada sebuah website.

Oleh karena itu, pastikan loading blog Anda cepat supaya pengunjung tidak bosan dan enggan untuk melanjutkannya lagi. Untuk itu, jika Anda menggunakan widget yang berlebihan dan tidaklah penting sebaiknya hapus saja, karena akan membuat loading blog menjadi berat.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh SEO pemula, setelah membaca postingan tersebut diharapkan teman-teman dapat mempertimbangkannya ya.... selamat mencoba.

Comments