Cara Mengoptimalkan SEO Website supaya Page One


Cara Mengoptimalkan SEO Website supaya Page One. Berbicara mengenai SEO, sepertinya banyak dari kita yang beranggapan bahwa SEO merupakan sebuah momok untuk menjalankan sebuah bisnis. Bahkan, ada beberapa orang yang merasa takut untuk memulai bisnis online lantaran takut tersaingi dengan mereka yang sudah ahli dalam SEO. Lantas, sebenarnya apa itu SEO?

Search Engine Optimize atau SEO merupakan suatu cara untuk memaksimalkan website agar dapat muncul dihasil pencarian ketika seseorang mengetikkan keyword atau kata kunci pada mesin pencari seperti Yahoo Search, Google, Bing dan lain sebagainya. Sayangnya, rasa ingin memaksimalkan website tersebut justru berujung pada mala petaka karena sebagian besar dari mereka hanya menginginkan hasil secara instan tanpa mengetahui terlebih mendalam mengenai SEO. 
alt="Cara Mengoptimalkan SEO Website supaya Page One"
Pada dasarnya optimasi SEO dapat dilakukan dengan dua cara yaitu Onpage SEO dan Offpage SEO. Onpage SEO merupakan suatu cara memaksimalkan sebuah website yang dilakukan didalam internal website. Sementara Offpage SEO adalah cara memaksimalkan website dengan melibatkan web lalin seperti memberikan backlink di website yang ingin dioptimasi. Untuk lebih jelasnya terkait dengan cara mengoptimalkan SEO website akan kami ulas dibawah ini. 

Cara Mengoptimalkan SEO Website supaya Page One

Menentukan Topik atau Tema Blog

Sebelum Anda membuat blog, ada baiknya untuk menentukan topik utama yang akan dibuat, hal ini dikarenakan judul blog nantinya akan dijabarkan menjadi deskripsi blog. Pastikan topik yang dibuat harus relevan dengan website secara keseluruhan.

Kami menyarankan untuk membuat topik yang Anda minati dan hindari blog yang gado-gado. Misal Anda ingin membahas seputar teknologi, sebaiknya paparkan informasi yang berhubungan dengan teknologi seperti komputer, laptop, handphone dan lain sebagainya. 

Jangan Lupa Riset Keyword atau Kata Kunci
Sebelum menulis artikel, langkah mendasar yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan riset keyword. Hal ini ditujukan agar bidikan atau hasil ketikan yang paling umum dicari pada mesin pencarian dapat tepat sasaran. Kendati demikian, sebaiknya

Anda jangan terlalu berorientasi pada keyword yang potensial trafiknya besar. Namun, mulailah dari potensi trafik yang kecil supaya dapat memahami prinsip kerjanya dengan baik. Apabila sudah dapat muncul di mesin pencarian dengan kata kunci yang ringan, setelah itu Anda dapat meningkatkan dengan keyword yang lebih berat. 

Postingan Berkualitas dan Relevan
Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kualitas konten memang sangat membantu untuk mengoptimalkan SEO website. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa konten hanyalah sebuah konten yang terpenting rutin posting. Persepsi demikian tidaklah tepat, sebanyak apapun artikel yang Anda posting jika kualitasnya kurang dan tidak relevan dengan topik utama blog tentu pembaca akan enggan untuk mempercayai blog Anda. Oleh karena itu, sebaiknya buatlah konten yang bermanfaat dan unik, namun jangan keluar dari topik. 

Ada baiknya untuk membuat internal link yang masih berhubungan sebagai contoh Anda memposting artikel dengan judul “cara mengembangkan blog dengan SEO untuk blogger pemula”, maka link kan dengan artikel lain dengan judul yang masih dalam satu topik seperti “Blog kamu sepi pengunjung? Yuk kenali 5 penyebab blog sepi pengunjung dan cara mengatasinya”. Dengan demikian, setiap halaman saling mempromosikan dan pengunjung menjadi lebih betah untuk berlama-lama di blog Anda. Hal ini tentu sangatlah baik untuk meningkatkan penilaian dari Google.

Mempersiapkan SEO ONPAGE
Seperti yang telah kami singgung diatas bahwasannya SEO Onpage merupakan suatu cara memaksimalkan sebuah website yang dilakukan didalam internal website. Contohnya dengan mengoptimakan penggunaan keyword di Meta Deskripsi, Meta Tifle dan lain sebagainya sesuai dengan hasil dari analisa keyword. 

Menggunakan SEO OFFPAGE
Selain menggunakan SEO ONPAGE Anda juga dapat menggunakan pola backlink wheel atau piramida, backlink commenting, submit ke sosial bookmark dan lain sebagainya. Perlu menjadi catatan adalah pastikan backlink yang ditanam masih dalam batas wajar jangan berlebihan. 

Indexing
Sambil Anda menunggu postingan terbidik oleh Google, tidak ada salahnya jika Anda mencoba share keberbagai media sosia mulai dari Facebook, Whatsapp, Google + dan lain sebagainya. Hal ini akan membantu Anda untuk meningkatkan traffic blog karena dengan dikenal oleh banyak orang maka kemungkinan postingan di klik juga semakin besar. 

Posting Artikel dengan Jumlah Kata Banyak
Tidak sedikit orang yang menanyakan “idealnya menulis artikel untuk blog berapa kata sih”? kami sarankan untuk membuat artikel setidaknya 1500 kata atau lebih. Memang, menulis artikel dengan jumlah kata yang banyak terasa sangat melelahkan. Namun, jika Anda menelusuri lebih dalam, sebenarnya keuntungan membuat artikel panjang sangatlah banyak, salah satunya adalah artikel yang diposting lebih mudah terindeks oleh google.

Bahkan, sudah ada beberapa peneliti yang membuktikan, salah satunya itu Serp IQ. Artikel yang mudah berada di peringkat 10 besar dalam pencarian search engine adalah yang mempunyai 2000 kata atau lebih. Hal ini jika ditambahkan dengan optimasi yang baik maka sudah dipastikan blog Anda akan mamprang di halaman pertama.

Peletakan Keyword
Saat ini Google memang tidak terlalu mempermasalahkan kepadatan keyword atau kata kunci, meskipun begitu bukan berarti kepadatan kata kunci dibiarkan saja dan tidak menjadi tolak ukur bagi mesin pencari. Google tetap mempertimbangkan relevansi dari artikel terhadap kata kunci yang dicari.

Meletakkan kata kunci secara tepat tentu dapat mempengaruhi ranking di halaman Google, supaya optimasi SEO website lebih optimal sebaiknya letakkan keyword yang tertarget pada blog dan URL. Perlu diingat, semakin pendek url pada halaman blog justru semakin baik. Setelah itu, letakkan keyword pada paragraf pertama setiap 100 kata pada artikel tersebut dan letakkan keyword pada Tag H2, H3 atau bisa pilih salah satunya. 

Pastikan Desain Blog Responsive
Blog dengan desain yang asal dan sifatnya gratisan cenderung membosankan, oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda memperhatikan tampilan blog apakah responsive atau tidak. Alangkah lebih baik, jika blog Anda dapat diakses dengan mudah melalui tablet, HP dan sebagainya. Tidak sedikit para blogger yang tidak memperhatikan hal ini, mereka menganggap bahwa blog jadi ya sudah.

Padahal, terkadang tampilan blog saat dibuka melalui PC ataupun mobile akan berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat blog yang dapat diakses melalui berbagai portable supaya bisa memperoleh page one di mesin pencarian google. Semakin mempermudah pengunjung dalam mengakses blog Anda otomatis traffik pengunjungnya akan meningkat. Terlebih lagi dengan dukungan desain yang responsive maka akan menduduki posisi terbaik SERP. 

Hindari Duplikat Content
Ingin menjadi blogger sejati dan abadi? “pastikan Anda hindari duplikat konten”. Duplicate Content merupakan salah satu hal yang paling dibenci oleh mesin pencarian. Oleh karena itu, Anda dapat mengatasinya dengan membuat artikel rewrite jangan sama persis dengan referensi yang Anda baca. Meskipun terkadang duplikat konten bisa terjadi lantaran widget archive blog, link dari komentator, popular post dan lain sebagainya. Namun, Anda tetap dapat mengatasinya dengan menambahkan rel=’conanical’Cara cek duplikat konten pada blog.

Itulah beberapa cara mengoptimalkan SEO Website, semoga dapat menjadi pertimbangan dan referensi Anda.

Comments