Kesalahan Fatal yang Harus Dihindari saat Menulis Artikel Blog


Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Menulis Artikel Blog. Membuat blog atau website memang bukan perkara yang sulit, melalui berbagai tutorial yang ada maka siapa saja bisa membuat blog. Pertanyaannya adalah “bagaimana cara Anda mengembangkan blog tersebut”? Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu cara terbaik untuk mengembangkan blog adalah dengan hasil tulisan yang menarik dan sesuai dengan standar dari Google. 

Sayangnya, pada fase ini tidak semua blogger dapat melakukannya. Berbagai kesalahan dalam menulis artikel blog banyak dialami para blogger pemula. Hal ini tentu sangat berdampak buruk bagi blog dan postingan itu sendiri. Salah satunya adalah tidak mendapatkan posisi baik di search engine dan yang paling fatal adalah hilang dari search engine. Akibatnya apa? tentu, traffic blog Anda akan anjlok bahkan stagnan tidak berkembang. 

alt="kesalahan fatal yang harus di hindari saat menulis artikel blog"

Kehilangan posisi dari search engine memang dapat diakali dengan mengedit artikel atau gambar yang ada. Namun, bagaimana jika hilang dari search engine? Tentu, hal ini menjadi boomerang bagi seorang blogger. Untuk itu, ada baiknya Anda memperhatikan artikel yang ingin diposting apakah sudah layak dan sesuai dengan standar dari Google atau belum?

7 Langkah dalam Menulis Artikel Blog supaya lebih SEO

Perlu kita ketahui bahwa, menulis artikel blog tidaklah sama dengan menulis buku harian, cerpen ataupun novel. Namun ada beberapa aturan yang diterapkan oleh Google supaya hasil tulisan kita terlihat lebih rapi dan enak dibaca, baik menurut pembaca ataupun search engine. Untuk meminimalisir kesalahan yang ada sebaiknya kenali beberapa kesalahan fatal yang kerap dilakukan oleh blogger pemula dalam menulis artikel di website atau blog berikut ini. 

Kesalahan Fatal yang Harus Dihindari  saat Menulis Artikel Blog

Judul Artikel Kurang Menggiurkan

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa judul artikel merupakan sebuah mahkota. Semakin menarik judul yang dibuat, otomatis orang akan penasaran dan pastinya akan mengklik judul tersebut. Meskipun isi artikel sudah sangat bagus, namun jika judulnya tidak “Click Point” maka tetap saja pengunjung enggan untuk membaca lebih lanjut. 

Sebagai contoh “ Ingin menjadi blogger sukses? Sudahkah Anda melakukan 5 Tips Ini? tentu, hal ini akan menimbulkan pertanyaan besar bagi pembaca “ apa aja ya tipsnya”? lihat ah.. Nah, dari sini Anda dapat menyimpulkan bahwa “ judul yang menarik dan menimbulkan rasa penasaran bagi pembaca tentu mempunyai potensi jauh lebih besar diklik oleh pengunjung, dibandingkan Anda membuat judul yang terkesan monoton. 

Promosi yang Berlebihan
Hampir semua blogger pastinya menginginkan penghasilan lebih atas blog yang mereka buat. Kendati demikian, Anda tidak perlu terlalu banyak menggunakan outbound link yang ada pada artikel. Sebetulnya tidak ada yang salah dengan cara ini, hanya saja pembaca akan merasa malas untuk membaca lebih lanjut dengan melihat link yang bertebaran di artikel tersebut. Cara menulis artikel blog yang baik adalah jangan terlalu banyak meletakkan beberapa link promosi di artikel dan sebaiknya jangan memotong kalimat pada artikel itu sendiri. 

Menjiplak atau Copy Paste
Kejujuran dalam berkarya memang menjadi prioritas utama yang harus Anda lakukan. Tidak sedikit orang menghalalkan segala cara untuk meraup keuntungan dengan cepat dan tidak sabar dengan sebuah proses. Tak heran jika akhirnya mereka melakukan kesalahan fatal dalam menulis artikel blog dan menyuguhkan konten orang lain yang sama persis.

Mengacu dari sumber website lain memang diperbolehkan, yang menjadi kesalahan adalah tulisan yang dibuat susah payah oleh orang lain justru di copy paste dan ditempelkan pada website Anda. Hal ini tidaklah benar, jika memang Anda menyukai konten tersebut sebaiknya buat artikel rewrite dengan menggunakan bahasa Anda sendiri, jangan copy paste. 

Terlalu Banyak Typo

Salah ketik atau istilah zaman nownya “typo” ini merupakan kesalahan yang paling sering dilakukan oleh blogger secara tidak sengaja. Kesalahan dalam pengetikan teks memang sangatlah membuat pembaca risih, karena saat menemukan kata yang salah otomatis pembaca harus berhenti sejenak bahkan berfikir “ini tulisan apa yang dimaksud”? Hal ini tidaklah baik, oleh karena itu sebaiknya sebelum melakukan posting Anda cek terlebih dahulu menggunakan cek typo secara khusus yang ada di internet, sehingga Anda tidak perlu mengecek per kata dan membuat mata lelah. 

Terlalu Panjang dan Tidak Ada Sub Judul
Kesalahan fatal yang harus Anda hindari saat menulis artikel blog berikutnya adalah menulis artikel terlalu panjang dan tidak ada sub judul. Seperti yang telah kami singgung diatas bahwasannya menulis artikel itu tidak sama dengan menulis novel, cerpen, cerita harian dan lainnya. Namun, apa yang akan Anda suguhkan ke pembaca haruslah enak dibaca dan rapi. 

Menulis konten terlalu panjang dan tidak disertai sub judul tentu membuat orang jenuh dan enggan membaca sampai selesai. Hal ini dikarenakan tulisannya sudah bikin lelah diawal, oleh karena itu sebaiknya berikan tulisan yang singkat, padat dan jelas. Selain itu, dengan adanya sub judul maka akan membuat orang penasaran dan tidak mudah bosan dengan apa yang dibahas. 

Itulah beberapa kesalahan fatal yang harus Anda hindari saat menulis artikel blog, berilah karya terbaik dengan menyuguhkan konten berkualitas dan bebas dari copas. Selamat berkarya.......   

Comments