Cara Mengembangkan Blog dengan SEO untuk Blogger Pemula


Cara Mengembangkan Blog dengan SEO untuk Blogger Pemula. Seorang blogger bisa dikatakan berhasil jika blog yang dibangun mempunyai banyak visitor dan dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi dirinya. Faktanya, membuat blog yang mempunyai banyak visitor dan bisa menghasilkan uang memang bukan perkara yang mudah. Semua yang dilakukan memang membutuhkan proses dan ketekunan, banyak cara yang harus kita tempuh dan salah satu peluang yang mempunyai potensi besar dalam mendatangkan visitor adalah optimasi SEO atau optimasi mesin pencari. 

Search Engine Optimization (SEO) atau optimasi mesin pencari merupakan serangkaian cara yang dilakukan oleh webmaster secara sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan visibiity dari website yang akan dioptimasi supaya mendapatkan posisi terbaik dalam mesin pencarian Google. Pada dasarnya, website yang sudah menduduki posisi search engine dengan baik maka peluang mendapatkan visitor organik menjadi semakin besar. 

alt="cara mengembangkan blog dengan SEO untuk blogger pemula"

Tak heran jika banyak orang yang mencari referensi terkait dengan cara mengembangkan blog dengan SEO supaya memberikan efek secara langsung dan bisa melihat trafik pengunjung yang setiap harinya meningkat. Bagi teman-teman blogger pemula yang masih bingung dari mana dan bagaimana memulai SEO, sebaiknya perhatikan langkah-langkah optimasi blog dengan SEO berikut ini:

Cara Mengembangkan Blog dengan SEO untuk Blogger Pemula

Langkah Pertama, pastikan Anda sudah memiiki blog terebih dahulu untuk dilakukan optimasi. Untuk membuat blog sangatlah mudah, Anda dapat memanfaatkan penyedia blog gratisan seperti wordpress.com, blogspot.com, mywapblog.com dan lain sebagainya. Akan tetapi, jika Anda berniat membuat blog dengan domain pribadi seperti co.id, com, org dan lain-lain sebaiknya menggunakan templete wordpress.org. Setelah itu, silahkan Anda membeli hosting pribadi supaya memberikan value yang tinggi dan mudah dioptimasi. Selain itu, hak untuk kepemilikian file host juga sepenuhnya dimiliki oleh Anda. 

Langkah Kedua
, cara mengembangkan blog dengan SEO selanjutnya adalah pilih templete blog yang SEO Friendly. Untuk mendapatkan templete ini Anda bisa melihat penyedia templete blog baik secara gratisan ataupun premium. Setelah itu, pilih templete sesuai dengan yang Anda butuhkan dan sesuai dengan blog masing-masing. Umumnya, templete SEO Friendly tidaklah sama dengan templete bawaan karena sudah dimodifikasi strukturnya dan disesuaikan dengan hal-hal yang dianggap lebih disukai oleh search engine. Hal ini bertujuan agar blog yang menggunakan templete tersebut artikelnya lebih terbidik dalam mesin pencarian, sehingga memungkinkan blog tersebut berada di posisi terbaik. 

Langkah Ketiga, membuat artikel minimal 5 merupakan cara mengembangkan blog dengan SEO yang sangat direkomendasikan. Artikel ini nantinya dijadikan sebagai dasar utama bagi blog Anda. Pastikan artikel yang dibuat mempunyai kualitas yang baik bagi pembaca, mudah dimengerti dan yang paling penting adalah isi artikelnya sesuai dengan tema blog Anda. Google sangat merekomendasikan untuk membuat artikel dengan jumlah kata yang banyak, minima setiap artikel 1000 kata atau lebih. Menurut Analisa yang dikaji oleh serpIQ mengenai SEO, artikel bog yang mempunyai jumlah kata minimal 1500-2000 akan lebih mudah ditemukan oleh search engine atau mesin pencari di posisi terbaik dan dapat tahan banting (bertahan dengan baik). 

Langkah Keempat, apabila blog Anda sudah didukung dengan artikel berkualitas, cara mengembangkan blog dengan SEO selanjutnya adalah dengan mendaftarkan bog Anda ke mesin pencari seperti Bing yang sudah terhubung dengan Google Webmaster Tool (GWT) ataupun Yahoo. Hal ini ditujukan agar blog yang Anda miliki lebih mudah dikenal oleh search engine. Seperti kata pepatah “tak kenal maka tak sayang”, begitu pula yang dilakukan oleh mesin pencari “bagaimana bisa dia menemukan blog Anda jika mengenal saja belum”. 


Meskipun, sebenarnya tanpa kita mendaftarkan di mesin pencari blog kita tetap dapat ditemukan oleh Google, hanya saja waktu yang dibutuhkan jauh lebih lama. Oleh sebab itu, cara terbaik untuk mengembangkan blog dengan SEO adalah dengan mendaftarkan secara manual, setelah berhasil silahkan submit juga sitemap didalamnya. Jika sudah, Anda dapat mengendalikan dan mengontol bagaimana aktivitas dari robot pencari terhadap halaman blog Anda. Setelah melakukan Submit blog maka setiap artikel harus di submit URL nya di Google. Tidak ketinggalan, Anda juga harus submit ulang sitemap URL blog Anda di Google Webmaster Tool (GWT) setiap kali Anda selesai membuat artikel. 

Langkah Kelima, cara mengembangkan blog dengan SEO selanjutnya adalah melibatkan optimasi SEO onpage dan SEO offpage untuk blog Anda. SEO onpage merupakan bentuk optimasi yang harus diterapkan dari sisi internal blog itu sendiri. Memang untuk melakukan Optimasi SEO on-page tidaklah mudah, namun Anda dapat melakukannya secara gratis dengan cara menggunakan title tage untuk meletakkan kata kunci, meta description maksimal 165 karakter, url singkat, relevan, berisi serta mengandung kata kunci dan kecepatan situs (page speed) harus tetap dijaga.  

Itulah beberapa cara mengembangkan blog dengan SEO yang dapat Anda coba, semoga berhasil.

Comments