Bagaimana Cara cek Duplikat Konten pada Blog?


Cara mengecek Duplikat konten pada Blog. Dengan makin banyaknya peminat dalam dunia blogging. Membuat persaingan sesama blog juga semakin ketat dalam membuat konten yang menarik, bermanfaat dan tentunya original. Artikel atau konten blog merupakan tombak utama untuk mengangkat popularitas blog kita pada pencarian google. Maka dari itu anda haru benar-benar membuat konten yang berkualitas.  

Blogging merupakan suatu pekerjaan atau hobi yang membutuhkan dedikasi tinggi seperti keuletan, kesabaran serta konsistensi yang harus terjaga agar blog tetap terawat dan mendapatkan traffic yang tinggi pada pencarian mesin pencari.

Untuk meningkatkan traffic dan kunjungan blog anda semakin ramai tentunya harus meningkatkan kualitas artikel. Biasanya para blogger membuat konten dengan menerapkan teknik SEO agar konten mudah ter index oleh mesin pencari. Tetapi banyak pula yang membuat konten natural tanpa menerapkan teknik SEO dengan pembahasan yang detil dan tidak membosankan. 

Sekarang silahkan anda untuk menentukan apakah akan membuat artikel dengan teknik SEO, natural atau menerapkan keduanya. Sebelum kita membahas cara cek duplikat konten blog, alangkah baiknya kita sedikit membahas bagaimana caranya untuk membuat konten original dan tentunya masih belum banyak blogger yang membahas niche tersebut.

Pertama, sebaiknya anda terlebih dahulu menentukan niche konten yang akan dibahas, misalkan anda hobi dalam olahraga, nah anda bisa membahas bagaimana “cara atau teknik tendangan pisang pada sepak bola”, silahkan anda uraikan secara detail tentunya dalam pemaparan tidak berbelit dan membosankan. Dalam membuat artikel dengan materi yang kita kuasai biasanya akan lebih mudah dalam mememaparkannya. 

Kedua, setelah anda sudah menentukan niche yang akan di bahas, silahkan anda cek keyword atau kata kunci pada mesin pencarian Google. Nanti akan ada saran keyword dari mesin pencari tersebut serta searches related (pencarian terkait) pada bagian bawah hasil pencarian Google. Silahkan untuk anda kreasikan sendiri enaknya seperti apa keyword atau kata kunci yang akan di terapkan pada artikel atau konten yang akan dibahas. 

Dalam menentukan keyword diusahakan untuk search results Google di bawah 500.000. ini artinya bahwa konten atau artikel dengan kata kunci (keyword) yang anda buat masih kisaran angka tersebut. Semakin sedikit angka search result berarti persaingan anda dalam membahas artikel dengan kata kunci yang anda buat semakin ringan. Ini bisa anda manfaatkan untuk membuat konten yang berkualitas dan original. Sehingga peluang untuk berada di pencarian nomor 1 Google semakin terbuka.  


Bagaimana cara melihat search results tersebut? Untuk mengetahui hasil pencarian (search results) silahkan anda ketikan di kolom pencarian google keyword yang sudah anda tentukan tadi. Untuk melihat angka results anda bisa lihat tepat di atas hasil pencarian nomor 1 Google. Disana akan ada keterangan search results atau about results. Mudah bukan.

Ketiga, stelah anda selesai menentukan niche dan menentukan keyword yang ok, sekarang anda tinggal langsung pada praktenya, yaitu dengan membuat konten original sesuai dengan kemampuan anda. Dan ingat! Jangan membuat konten yang panjang tapi membosankan. Misalnya, dalam pembahasan berbelit-belit atau terlalu banyak mengulang kata.

Note: Jika anda ingin mencantumkan beberapa kalimat atau beberapa paragraph pembahasan pada konten anda dari blog orang lain di usahakan jangan langsung anda copy paste. Sebaiknya anda ketik ulang dengan bahasa anda sendiri tetapi maknanya tetap sama. Jika ini terjadi walapun sedikit di khawatirkan ini akan ter index oleh Google sebagai duplikat konten.

alt="cara cek duplikat konten blog"

Sesuai dengan judul artikel ini yaitu, cara cek duplikat konten pada blog. Setelah anda selesai membuat artikel original dan ingin mengetahui apakah artikel tersebut duplikat atau tidak? Sekarang kita akan membahasnya bagaimana Cara cek Duplikat Konten pada Blog. 

Pada kali ini saya akan menjelaskan cara cek duplikat konten blog dengan Small SEO Tools.

Cara cek Duplikat Konten Blog

  • Telebih dahulu silahkan anda untuk copy artikel yang sebelumnya anda buat tadi.
  • Kemudian silahkan anda kunjungi https://smallseotools.com/plagiarism-checker/
  • Paste artikel atau konten anda tadi di kolom yang sudah di sediakan

alt="cara cek duplikat konten blog"

  • Dan klik Check Plagiarism, jika hasilnya seperti di bawah ini berarti artikel anda murni hasil dari pemikiran sendiri. Disana akan tertera angka persentase dari keunikan konten artikel anda.

alt="cara cek duplikat konten blog"

Apabila keunikan konten anda di bawah 70%, sebaiknya jangan buru-buru untuk anda publish. Silahkan untuk melakukan perbaikan terlebih dahulu sampai mencapai angkat 70% atau lebih. 

Nah itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kalai ini cara membuat konten original dan cara cek duplikat konten blog

Comments