5 Penyebab Blog Sepi Pengunjung dan Cara Mengatasinya


5 Penyebab Blog Sepi Pengunjung dan Cara Mengatasinya. Berencana menambah penghasilan dari blogging? Tapi sampai saat ini blog masih sepi pengunjung? Mengelola blog memang tidak semudah yang dibayangkan, blog itu diibaratkan sebuah seni yang tidak jauh berbeda dengan ilmu marketing. Mengelola blog tidak hanya sekedar membuat saja, namun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dan dikembangkan supaya blog mampu bertahan. 

alt="penyebab blog sepi pengunjung"

Maka wajar saja jika banyak blog yang sudah berumur setahun atau lebih tapi visitor tidak pernah naik, pageview stagnan dan kolom komentar disetiap postingan juga masih kosong. Harus Bangkit!!! Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengetahui penyebab blog sepi pengunjung terlebih dahulu. Setelah itu, baru bisa menemukan solusinya.

5 Penyebab Blog Sepi Pengunjung dan Cara Mengatasinya

Konten Gado-gado atau Membahas Banyak Tema
Apakah kamu menjadi salah satu orang yang mempunyai blog dengan konten gado-gado? Tidak sedikit dari mereka yang menggerutu dan membela diri dengan membandingkan berbagai blog konten gado-gado yang sukses meraup visitor dalam jumlah banyak. Tapi apakah kamu sadar bahwa blog mereka sudah mempunyai reputasi nama yang cukup baik sebelumnya, sehingga sangat wajar jika masyarakat lebih memilih untuk mengklik blog tersebut dibandingkan dengan nama yang masih terdengar asing. 

Blog dengan konten gado-gado atau bercampur tentu sangat sulit menemukan potensi pembaca yang setia. Hal inilah yang menjadi penyebab blog sepi pengunjung. Ilustrasinya adalah hari ini kamu akan membahas mengenai otomotif, besoknya mengenai liga champion, besoknya lagi bahas mengenai kesehatan. Tentu pembaca kamu akan malas untuk balik lagi, sungguh merawat pelanggan jauh lebih mudah, dibandingkan mencari pelanggan baru setiap harinya. Oleh karena itu, sebaiknya buat satu konten yang menarik dan paling kamu kuasai, supaya visitornya tidak lari ketempat lain. 

Pemilihan Theme tidak Menarik
Salah satu hal yang menjadi penyebab blog sepi pengunjung adalah pemilihan theme yang tidak menarik. Bayangkan saja, kamu masuk ke sebuah rumah dan disuguhkan dengan pemandangan yang berantakan, sisi pojok kanan terdapat baju kotor, ditengah ruangan terdapat panci gosong. Tentu, keesokan harinya orang akan berfikir dua kali saat ingin main ke rumahmu.

7 Langkah dalam Menulis Artikel Blog Supaya Lebih SEO 

Begitu pula dengan blog kamu, pastikan theme yang dipilih menunjukkan kesan profesional, rapi dan bersih. Dengan didukung oleh layout yang bagus, font mudah dibaca dan adanya tambahan berbagai fitur menarik lainnya. Dimana saya bisa mendapatkan theme yang bagus dan menarik? Tentu, kamu harus rela merogoh kocek dengan membeli theme yang saat ini telah tersedia banyak di internet.

Kenapa tidak gratisan saja? sayang kali duitnya. Ingat, tujuan kamu ngeblog adalah ingin mendapatkan penghasilan lebih bukan? jadi, tidak ada salahnya jika kamu berkorban untuk membeli theme yang bagus. Mengingat, theme gratisan mempunyai tampilan yang standar dan kurang menarik.

Penguasaan SEO Lemah

Penyebab blog sepi pengunjung selanjutnya adalah penguasaan SEO yang lemah. Dalam ilmu SEO modern, kunci utama untuk mendongkrak blog kamu adalah dengan membuat artikel yang berkualitas. Seperti yang kita ketahui bahwa algoritma Google, sebenarnya lebih menyukai artikel yang panjang dengan kualitas pembahasan yang bagus. Artikel panjang lebih disukai Google, dibandingkan kamu membuat banyak artikel tapi jumlah katanya sedikit.

Kesalahan SEO yang wajib anda hindari

Itu merupakan dasar bermain SEO, selebihnya kamu bisa menggunakan backlink, pembuatan judul ataupun berbagai hal lainnya. Kenapa harus artikel? Alasannya sangatlah sederhana, pembuatan artikel SEO tentu akan didukung oleh keyword atau kata kunci yang umumnya dicari oleh visitor. Dengan kamu membuat artikel dalam jumlah kata yang banyak, otomatis kemungkinan artikelmu diindeks oleh Google menjadi semakin besar. Jika sudah mamprang di page one, maka sangat mustahil bukan jika blog kamu akan sepi dari pengunjung?.

Kurang Promosi

Seperti yang telah kami singgung diatas, bahwasannya blogging hampir sama dengan ilmu marketing. Apabila kamu hanya mengupdate artikel tanpa pernah melakukan promosi otomatis inilah yang menjadi salah satu penyebab blog sepi pengunjung. Oleh karena itu, kamu juga harus gencar untuk mempromosikan blogmu. Bagaimana caranya? Setelah kamu membuat artikel yang bagus, segeralah membagikan link tersebut melalui berbagai media sosial. Ingat, dalam melakukan promosi tidak selamanya harus menggunakan FB Ads, Instagram Ads apalagi Twitter Ads. Tapi, cukup dengan memanfaatkan media sosial yang kita punya. 

Kurang Memahami Jenis Traffic

Hai bagi kamu yang mengaku blogger sejati, tahukah kamu bahwa dalam dunia blog terdapat dua jenis traffic yang perlu diketahui? Kurangnya pemahaman terhadap jenis traffic blog memang menjadi salah satu penyebab blog sepi pengunjung. Pada dasarnya traffic blog terdiri dari dua macam yaitu Organic Traffic dan Non Organic Traffic. Untuk Organic Traffic masih dibagi menjadi dua, yaitu Direct Traffic dan Referral Traffic. 

  • Organic Traffic, merupakan orang yang berkunjung di blogmu berasal dari googling, dengan berbagai keyword atau kata kunci yang diketikkan. Selain itu, bisa juga melalui Yahoo ataupun Bing sebagai mesin pencari yang direkomendasikan. Organic Traffic inilah yang paling didambakan oleh para blogger karena sangat alami dan tepat sasaran.
  • Direct Traffic, merupakan traffic yang didapatkan secara langsung, hal ini umumnya terjadi apabila blog tersebut sudah mempunyai nama yang terkenal, sehingga orang langsung mengetikkan nama blog tersebut.
  • Referral Traffic, merupakan traffic yang didapatkan melalui perantara, baik dari blog, forum ataupun media sosial, selain search engine seperti Yahoo, Bing, ataupun Google.
Kurang Memanfaatkan Traffic Gratisan

Penyebab blog sepi pengunjung yang paling umum adalah mereka terlalu cuek dengan perkembangan blog yang sudah dibuat. Sehingga tidak dapat memanfaatkan kesempatan yang ada, seperti kesempatan menggunakan traffic gratisan. Keuntungan kamu menggunakan traffic gratisan adalah tidak perlu bayar alias Gratis. Siapa sih yang tidak ingin gtratisan?

Langkah pertama, yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan blog walking. Blog walking merupakan cara untuk mengunjungi ke blog-blog orang lain, yang mempunyai tipe konten sama dengan mu. Setelah itu, kamu dapat meninggalkan komentar disana. 

Kedua, manfaatkan media sosial. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, jika keberadaan media sosial saat ini memang kerap dijadikan sebagai tempat untuk berbisnis. Untuk mendapatkan potensi traffic yang cukup besar, cobalah untuk mengoptimalkan media sosial mulai dari Facebook, Instagram, Google+, Twitter, LinkedIn, Pinterest dan lainnya. 

Ketiga, memanfaatkan forum diskusi. Disana, tersedia banyak situs forum yang mengijinkan link di dalam thread. Oleh karena itu, manfaatkanlah kesempatan ini dengan baik. 

Keempat, penyebab blog sepi pengunjung yang paling banyak dilakukan oleh blogger adalah minimnya melakukan guest posting. Perlu kamu ketahui bahwa saat ini sudah banyak blog yang memberikan kesempatan untuk mengirimkan artikel serta memasangkan link di blog mereka. Oleh karena itu, manfaatkanlah momen ini dengan baik. Tentu, artikel yang diposting pada blog tersebut, harus sesuai dengan ketentuan mereka. 

Itulah beberapa penyebab blog sepi pengunjung, untuk meningkatkan traffic blog kamu ada baiknya ikuti cara diatas ya... selamat mencoba.

Comments